Kamis, 01 Agustus 2013

Review: Axioo Pico Phone X One, Layar Canggih Kinerja Mantap

Setelah beberapa waktu meluncurkan smartphone Android bertajuk Axioo Picopad 4, Axioo kembali menghadirkan perangkat ponsel terbarunya yang merupakan versi upgrade dari Axioo Picopad 4 bernama Axioo Pico Phone X One. Karena tercipta sebagai suksesor pendahulunya, tentulah beragam fitur dan spesifikasi  Axioo Pico Phone mengalami peningkatan dari pendahulunya. Berikut PULSA menyuguhkan ulasannya.

DISAIN

Desain : Dimensi 135x70x8.6mm, Berat 132 gram; candy bar
Dari sisi disain, Axioo Pico Phone X One  tak banyak berubah dibandingkan pendahulunya, namun Axioo Pico Phone X One lebih tipis, yakni 8,6mm. Berbentuk candy bar, ponsel ini sama sekali tidak memiliki tombol konvensional di bagian depannya. Area pada bagian depan didominasi oleh penampang layar, yang di mana bagian atasnya terdapat kamera depan dan earpiece.  Sementara di bagian bawahnya terdapat 3 sensitive touch key menuju setting, home dan history.

Terdapat beberapa port di sekeliling bodi ponsel. Di bagian bawah, Anda akan menemukan 3.5mm audio port, di bagian atas ponsel (posisi vertikal) terdapat port microUSB yang menghubungkan ponsel dengan perangkat lain sekaligus sebagai pengisi daya. Di sisi kanan smartphone ini terdapat tombol pengatur volume untuk membesarkan dan mengecilkan volume audio. Sementara di sisi kiri terdapat tombol pengunci sekaligus tombol daya.

Casing ponsel ini sepenuhnya terbuat dari plastik solid. Meski demikian, Axioo tetap membawa kenyamanan pengguna dengan memberikan kontur unik pada bagian belakang casingnya. Di bagian belakang, Anda akan menemukan kamera dan LED flash, serta lubang speaker.

Hati-hati saat membuka cover belakang, karena bahan plastiknya sangat ringkih sehingga bisa saja mematahkan cover jika dipaksa terlalu kuat. Ada baiknya Anda membukanya satu kait per kait, jangan dipaksakan.


LAYAR DAN INTERFACE

Layar: 4.65 inci, Super AMOLED 1280×720 piksel, 5 poin multi-touch; capacitive, multitouch
Di bagian layar, Pico Phone X-One membenamkan layar Super Amoled berukuran 4.65 inchi dengan resolusi HD 1280x720p yang didukung teknologi layar Retina Display yang diklaim mampu menampilkan tampilan antarmuka yang lebih baik dibanding ponsel Axioo sebelumnya. Layar yang mumpuni ini bisa menampilkan gambar dengan detail yang baik dan jernih. Layarnya sangat responsif sehingga Anda dapat dengan leluasa membuka beragam aplikasi dan menu di dalam ponsel ini.  Layarnya memiliki kerapatan layar 320dpi, cukup bright dan cerah saat menampilkan beragam menu di dalamnya.


Pada moda Homescreen, Anda akan mendapatkan 5 shortcut ke menu, call, message, website, dan phonebook.  Pada bagian tengahnya, Axioo Pico Phone X One menampilkan jam dan beragam  widget.

Masuk ke halaman menu, terdapat susunan ikon menu 4x5 yang tersusun secara grid. Perpindahan layar dilakukan dengan swipe layar ke kiri dan kanan.
HARDWARE

CPU hardware: MT6589; CPU model: ARMv7 Processor  (VFPv4, NEON); Quad Core; 1.2GHz, GPU PowerVR SGX544, Memori :RAM 1 GB ; 4 GB, Eksternal microSD 32 GB
Dibekali dengan sistem operasi Android 4.12 Jelly Bean, Pico Phone X-One membenamkan chipset Mediatek MT6589 dengan prosesor quad-core 1.2 GHz plus tampilan grafis PowerVR SGX544 dan dipadukan dengan RAM sebesar 1GB. Dengan membenamkan chipset ini Pico Phone X-One diklaim mumpuni untuk digunakan bermain game HD, browsing ataupun mendukung aktivitas kerja anda secara maksimal.

Sementara untuk mendukung kinerjanya, ponsel ini memiliki ruang penyimpanan internal 4GB dan RAM 1 GB, dan dapat diekspansi ke memori eksternal 32GB.
INTERNET DAN KONEKSI

Data: EDGE, GPRS;  WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Tethering ; Koneksi: WiFi, Bluetooth, kabel data micro USB, audio jack 3.5mm; Browser : HTML
Bagi Anda yang aktif internetan secara mobile, Axioo Pico Phone X One menyediakan akses ke internet melalui mobile data dan WiFi802.11 b/g/n . Melalui mobile data, akses internetan cepat melalui jalur 3G hingga  HSDPA 7,2Mbps. Sementara itu, untuk koneksi antar perangkat, ponsel ini menyediakan jalur koneksi via WiFi, Bluetooth, kabel data micro USB, audio jack 3.5mm. Browsernya mampu membuka hingga 14 tabs sekaligus, dan kemampuan multitouc-nya sangat memudahkan Anda memperbesar / mengecilkan layar.

review-axioo-pico-phone-x-one
BENCHMARK

Antutu Benchmark; Quadrand Standard; NenaMark2
Untuk menguji kinerja Axioo Pico Phone X One, PULSA menggunakan beberapa aplikasi dari Play Store. Dengan menggunakan Antutu Benchmark, ponsel ini berhasil meraih angka 11744 menempatkannya di atas Samsung Galaxy Note dan Samsung Galaxy SII. Sedangkan dengan menggunakan Quadrand Standard,  berhasil meraih angka 3510, menempatkannya di atas Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Samsung Galaxy Nexus. Sementara itu  di sisi grafisnya,Axioo Pico Phone X One  berhasil meraih skor kecepatan menampilkan gambar 39.2fps.

KAMERA DAN VIDEO

Kamera : 8 MP (auto focus, LED flash), Kamera depan: 1 MP; Video playback : @30fps, 3GP, AVI, H.263, H.264 AVC, MPEG4

Terdapat kamera ganda dengan resolusi 8 MP (3264x2448 pixsel) di kamera belakang dan 1 MP (1280x720 pixsel)  untuk kamera depan. Menariknya lagi, kamera belakang perangkat ini sudah dilengkapi dengan sensor Back Side Illuminated (BSI) generasi II. Dengan sensor ini, kamera mampu menangkap lebih banyak cahaya, sehingga hasil tangkapan kamera dengan kondisi ruang yang minim cahaya, bisa lebih baik. Hasil bidikan perangkat ini juga bisa langsung melakukan retouch foto wajah dengan mode Beauty Shot. Tidak heran, jika hasil self camera-nya cukup memuaskan dan tajam, dan wajah tampah lebih putih dan bersinar. Hasil foto dapat langsung di-share ke beragam jejaring sosial dan attachment email dan message. Tak hanya itu, kamera depannya juga dapat digunakan untuk panggilan video semisal Skype.

SEKTOR AUDIO

Pemutar audio: MP3/WAV/WMA/eAAC+ ; FM Radio

Beberapa fitur Pico Phone X-One  yang patut Anda coba performanya adalah speaker yang terintegrasi di dalamnya, menghasilkan suara nyaring, jernih dan tidak pecah. Aplikasi musik di dalamnya, sudah dilengkapi dengan equalizer untuk mengatur jenis atmosfer musik yang diinginkan. Jika Anda ingin mendengarkan FM radio, Anda harus memasangkan earphone terlebih dahulu pada perangkat ini. Yang mana FM radio di sini sudah dilengkapi dengan menu recording, yang dapat Anda manfaatkan untuk merekam siaran yang Anda inginkan. Kualitas mode speaker di Radio FM bisa dibilang kurang bagus. Lebih baik aktifkan mode headset saat ingin mendengarkan siaran radio.

DUAL SIM

Jaringan : Quadband GSM/WCDMA 2100 MHz & Dual SIM; Data : (3G) HSDPA 7,2Mbps
Axioo Pico Phone X-One  memiliki kemampuan membaca dual SIM. Karena ponsel ini tidak menganut hotswap, slot kedua SIM berada di balik casing, dan untuk memasangnya Anda harus mencopot batere terlebih dahulu. Slot SIM 1 berada bersisian dengan slot SIM 2. SIM 1 support jaringan WCDMA  (3G) dan SIM 2 difungsikan untuk jaringan 2G. Untuk melakukan panggilan telepon, terdapat ikon untuk opsi SIM 1 dan 2 ada pada deretan tombol numerik virtual. Sedangkan untuk pemanfaatan mobile data, Anda dapat melakukan setting manual di Setting  SIM Management.  Kemampuan dual SIM di ponsel  adalah hanya dual on, tidak dual stand by.

KELEBIHAN
• Dual on GSM
• Support WiFi + WiFi  hotspot
• Support jaringan 3G
• Kaya fitur
• Quad Core

KEKURANGAN
• Tidak ada hotswap
• Harga tergolong mahal
• Saat memasang MicroSD baru, ponsel harus direstart dahulu untuk mendetect

KESIMPULAN
Tak hanya kualitas  layar dan dapur pacunya yang menjadi nilai jual utama Axioo Pico Phone X-One, perangkat ini juga didukung konektivitas yang lengkap. Menyasar kelas menengah, harga yang dibanderol oleh ponsel ini terasa cukup realistis dengan melimpahnya fitur yang dimilikinya. Direkomendasikan bagi Anda yang aktif mobile internet dan sering memanfaatkan fitur multimedia. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Review: Axioo Pico Phone X One, Layar Canggih Kinerja Mantap