Rabu, 17 Juli 2013

Ulasan K-Touch S100 TITAN : Layar Lebar, Dual SIM, Kinerja Mumpuni

Trend ponsel Android berlayar lebar di tahun 2013 nampaknya belum akan berhenti. Dimulai dari layar 4 inci pada awal kemunculannya, kini trend ponsel yang beredar sudah bergeser ke layar dengan ukuran 5 inci keatas. Mencoba mengikuti jejak kesuksesan Galaxy Note, K-Touch meluncurkan Titan yang hadir dengan dimensi layar yang sama. Seberapa besar kans K-Touch untuk meraih kesuksesan di  pasar domestik? Simak dulu ulasan berikut:

Desain


Dimensi: (WxDxH) : 153,6 x 78 x 9,25 mm; Bobot: 189,9 gram
Titan hadir dengan dua pilihan warna hitam dan putih berbahan material plastik glossy. Seluruh bodi Titan terasa licin saat digenggam serta mudah sekali meninggalkan bekas jari.

Pada bagian atas Titan bertengger port micro USB yang berdampingan dengan port audio 3.5mm. Mengatur besaran volume dapat Anda lakukan dengan menekan tombol pada sisi kiri. Sementara mengunci layar atau menyalakan ponsel, K-Touch menyematkan tombol power disisi kanan.

Bila dibandingkan dengan Galaxy Note pertama, Titan memiliki bodi yang lebih memanjang. Sementara Note pertama datang dengan bodi  yang cenderung melebar. Demikian pula dengan ketebalan yang diusung , Titan sedikit lebih tipis dibanding Note.

review k touch titan s100

Hardware dan Benchmark

Quad Core 1,2GHz Qualcomm MSM8225Q, RAM 1GB, 4GB Storage (1,4GB), Up to 32 GB MicroSD Card
Dilepas dengan harga sekitar dua juta rupiah saja, Titan sudah dibekali dengan prosesor quadcore besutan Qualcomm berkecepatan 1,2GHz.

Agar ponsel dapat melaju lancar bebas hambatan, K-Touch membekali Titan dengan RAM 1GB yang dikombinasikan pula dengan memori internal 4GB yang dapat dipakai bebas sebesar 1,4GB.

Untuk pasokan daya, Anda tak perlu khawatir karena Titan sudah dibekali dengan baterai Lithium Polymer berkapasitas 2800mAh.

Interface dan OS

Android 4.1.2 Jelly Bean, 5,3” TFT Capacitive Touch Screen  qHD 540 x 960 piksel, 16M Color Grid Vertikal.
Mengusung layar sentuh berjenis kapasitif sebesar 5,3 inchi, Titan menyuguhkan 16 juta ragam warna dengan resolusi qHD 540 x 960 piksel. Layar Titan juga sudah dilengkapi dengan dua pengaturan kecerahan masing-masing untuk penggunaan normal dan dynamic untuk menonton video.

Dengan suntikan sistem operasi  Android Jelly Bean 4.12, Titan menyuguhkan antarmuka MIUI yang menyuguhkan 4 akses pintas dibagian bawah. Dalam posisi lockscreen, K-Touch membekali Titan dengan tiga shortcut yang memungkinkan pengguna untuk masuk ke sms, telepon dan kamera.

Notification bar Titan selain menampilkan notifikasi yang masuk juga menjadi jalan pintas untuk melakukan pengaturan koneksi Wi-Fi, data, GPS, autorotate, brightness dan bluetooth.

Masuk ke halaman menu, Anda akan disuguhi dengan beragam ikon berformat  grid horisontal yang disajikan dengan latar transparan. Tampilan menu Titan sama seperti tampilan Android Jelly Bean yang terdiri dari bilah aplikasi dan widget .

Kamera dan Video

Kamera Belakang: 8 MP AF, 16:9, Kamera Depan: 2.0MP; Video 720p@30fps, geotagging, simultaneous image and video recording
Di sektor fotografi, Titan sudah mengusung kamera berkekuatan 8 megapiksel. Sederet setting seperti exposure, color effect, white balance, antibanding dan zoom telah disematkan pula oleh K-Touch. Dengan kamera dibagian depan, sehingga Anda dapat memakainya untuk video call serta face unlock.

Hasil pengabadian gambar didalam ruangan terlihat halus dengan tampilan warna yang natural. Sementara untuk hasil gambar diluar ruangan, gambar yang dihasilkan terlihat overbrightness.

Untuk merekam obyek bergerak, Tiitan sanggup merekam video resolusi HD720p@30fps. Anda dapat juga memotret objek sambil merekam gambar cukup dengan menekan layar bagian tengah selama beberapa saat. Jika objek bidikan Anda kurang terang, Anda dapat menggunakan bantuan lampu flash yang dapat terus menyala sepanjang perekaman berlangsung.

Dual SIM

SIM 1: GSM/GPRS/EDGE/WCDMA 900/1800/2100MHz; SIM 2: GSM/GPRS/EDGE 900/1800MHz
Dengan dua slot kartu, Anda dapat menggunakan Titan untuk dua nomor sekaligus. Meski letak slot kartu SIM memungkinkan Anda untuk menyisipkan kartu tanpa melepas baterai, namun ponsel ini belum mendukung hotswap.

Slot SIM pertama dapat Anda pakai untuk akses data 3G HSDPA, sedangkan slot kedua hanya mendukung akses data GPRS. Bila hanya ing

Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 900 / 1700 / 2100, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP, MicroUSB
Dengan dukungan koneksi 3G dan Wi-Fi, Anda dapat menjelajah web secara leluasa menggunakan browser bawaan yang sanggup membuka 16 halaman sekaligus. Anehnya, pada Titan tidak terdapat browser Chrome sebagaimana yang terdapat pada ponsel Jelly Bean lainnya.

Untuk keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan bluetooth atau kabel data. Sama seperti pendahulunya, Titan juga tidak menyediakan konektivitas DLNA dan HDMI.


Mutimedia

Video: 3GP, AVI, DiVX, M4V, MP4, MKV, WMV;Audio:AAC, FLAC, MP3, M4A, OGG, WAV
Untuk mendengarkan musik kesukaan Anda, Titan sudah dibekali dengan pemutar musik Android yang sayang sekali belum dibekali dengan equalizer dan efek suara. Jika ingin mendengarkan radio, Titan juga sudah dilengkapi dengan penerima FM.

Sementara untuk menonton video meskipun sudah disediakan pengaturan kecerahan dynamic, namun ternyata Titan belum memiliki pemutar video sendiri. Sehingga untuk memutar video hanya ada galeri Android yang minim fitur serta setting.

Untuk kemampuan putar videonya sendiri sudah mendukung beragam format populer tak terkecuali AVi dan DiVX yang jarang ditemui di perangkat Android lain.

Kelebihan
• Prosesor Quadcore 1,2GHz
• Dual SIM On
• Layar 5,3 inci
• Android Jelly Bean 4.1.2
Kekurangan
• Video Player minim fitur
• Layar memantulkan sinar matahari
• Kamera Overbrightness

Kesimpulan

Sama seperti Lotus II, Titan sudah dibekali dengan prosesor Quad Core sebagai dapur pacunya. Untuk kenikmatan menjelajah dunia maya dan menikmati konten multimedia, Titan mengusung layar selebar 5,3 inci yang dipadukan dengan kamera belakang berkekuatan 8 megapiksel. Dengan bekal spek yang cukup mumpuni, K-Touch memasang banderol yang cukup kompetitif dikisaran harga dua jutaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ulasan K-Touch S100 TITAN : Layar Lebar, Dual SIM, Kinerja Mumpuni