MyPhone Zenith Series (My403) Spesifikasi Mantab Harga Kompetitif

Kehadiran Android memang menjadi salah satu penyebab utama pesatnya pertumbuhan teknologi ponsel pintar. Tidak hanya semakin canggih, vendor juga berlomba-lomba menawarkan produk yang juga semakin murah. Jika setahun lalu saja untuk membawa pulang ponsel Android dual core pengguna harus merogoh kantong cukup dalam, kini tersedia alternatif dengan harga bersahabat.

Salah satunya MyPhone Zenith Series dengan tipe My403 yang dibesut PT. Internasional Teknokom Ciptakreasi (Intertec) ini.


Desain


Dimensi: 131×65.5×8.3mm; full touchscreen; material plastik; port audio jack 3.5mm, port microUSB, tombol power/lock;- ;lubang mic; volume rocker (sekeliling ponsel dari sisi atas) MyPhone Zenith tampil simple dengan bentukan membulat di keempat sudutnya.


Pengaruh iPhone generasi ke 5 terlihat pada tampilan ponsel ini, terutama di sisi belakang. Dimana sisi tersebut terbagi atas 3 bagian. Area tengah sisi ini juga berfungsi sebagai backdoor untuk akses menuju baterai, slot kartu SIM dan microSD.


Sementara sekeliling ponsel dilindungi bezel mirip milik iPhone 4 hanya saja berbahan plastik. Di sisi muka, MyPhone memasang 3 tombol sensitif sentuh di bawah layar dengan fungsi khas Android, yaitu menu, home dan back. Ukuran serta bobot ponsel ini terbilang nyaman untuk penggunaan sehari-hari.



Display 

Layar sentuh TFT kapasitif, 16 juta warna, 960×540 piksel, 4.5 inci, multi touch
Dengan resolusi qHD pada layar seluas 4.5 inci, ponsel ini memiliki tingkat kerapatan piksel yang berada di kisaran angka 245 ppi. Hal tersebut membuat layar ponsel ini memiliki ketajaman yang cukup baik.



Ketika digunakan di bawah paparan sinar matahari, layar ponsel ini masih reflektif sehingga agak sulit untuk dilihat. Aksesoris tambahan screen guard akan dibutuhkan mengingat layar tidak dilindungi oleh bahan anti gores.

Untuk tingkat kecerahan layar (brightness) tersedia pengaturan kecerahan dinamis, dimana ponsel akan menentukan brightness secara otomatis sesuai kebutuhan, misalnya saat memutar video layar akan menjadi lebih cerah dan kembali redup setelah selesai demi menghemat daya.




OS dan UI

Android OS, Android OS, v4.0.4 (ICS)
MyPhone Zenith Series My403 dibekali sistem operasi Android versi Ice Cream Sandwich yang tidak lagi baru. Meski begitu pengalaman penggunaan ponsel ini sejatinya tidak ketinggalan dengan versi lebih baru.


Metode swipe digunakan untuk beralih dari lockscreen ke homescreen. Selain itu terdapat 3 shortcut untuk langsung menuju fitur penting diantaranya kamera, telepon dan pesan.

Homescreen memuat 5 panel yang siap di personalisasi dengan menentukan efek transisi, membongkar-pasang widget serta shortcut, atau mengganti wallpapernya.Menuju notification tray, terdapat 11 akses cepat untuk mengaktifkan atau mematikan fungsi tertentu seperti wifi, Bluetooth, GPS, dering dan lainnya.


Hardware dan Benchmark

Prosesor: Qualcomm Snapdragon S4 MSM8225 Dual-core 1GHz, GPU Adreno 203; Memori internal: 768 MB RAM, 4GB ROM; Memori eksternal: microSD up to 32GB, baterai Li-Ion 2000 mAh

Meski produk besutan vendor lokal, namun spesifikasi dapur pacu MyPhone Zenith Series My403 tidak berbeda dengan produk brand global seperti HTC Desire X, Huawei Ascend Y300, LG Optimus L7 II. Karena semua posel tersebut menggunakan chipset yang sama dengan yang dimiliki ponsel ini.


Menariknya, ponsel ini ditawarkan dengan banderol yang jelas lebih bersahabat. Besaran memori RAM ponsel ini tergolong standar untuk mengakomodasi kinerja kelas menengah. Dari 4 GB memori internal, pengguna bisa memanfaatkan sekitar 2,8GB yang dibagi atas 1,32GB internal storage dan 1,56GB USB storage.


Kinerja ponsel ini terbilang memuaskan untuk ponsel dengan banderol harga yang dipunyai. Hal ini terlihat dari hasil pengujian benchmark yang juga PULSA bandingkan dengan beberapa kompetitor di kelas dual core.



Konektifitas

Dual SIM, HSDPA, EDGE, GPRS, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, WiFi Hotspot, WiFi Direct, Bluetooth with A2DP, Micro USB, USB Tethering, audio jack 3.5mm, Portable hotspot; HTML, Adobe Flash
Seperti kebanyakan ponsel besutan vendor lokal lain, MyPhone Zenith Series My403 mengadopsi kapabilitas dual SIM.
Yang menarik, pengguna harus menggunakan 2 ukuran kartu SIM yang berbeda. Mini SIM (ukuran normal) pada slot SIM1 yang mendukung konektifitas 3G (WCDMA) dan microSIM untuk slot SIM2 yang hanya bisa berjalan di jalur GSM 2G.



Diluar itu tersedia fitur konektifitas khas Android seperti portable hotspot yang memungkinkan pengguna berbagi jalur data yang dimiliki ke perangkat lain via sambungan wifi.



Kamera 



8 MP, 3200x2400pixels, autofocus, LED flash; Geo-tagging, touch focus; Perekam video: 720p; kamera sekunder: VGA
Tampilan UI kamera ponsel ini terbilang standar sehingga mudah dipahami. Disisi kiri terdapat 5 tombol virtual dengan fungsi diantaranya switch camera, WB, flash, mode foto dan pengaturan kamera.



Selain itu terdapat 19 pilihan mode adegan (scene), 7 efek warna, dan penaturan lain seperti pencahayaan, resolusi tangkapan, kualitas, mode fokussaturasi, kontras, ketajaman ISO dan lainnya yang kesemuanya bisa diakses dari tombol virtual setting.

Pengguna juga bisa mengabadikan gambar dalam format panorama dengan mengaktifkan fitur tersebut melalui pilihan mode foto. Perekam video tak kalah apik karena mampu merekam dalam resolusi HD 720p.



Kelebihan
• Harga relatif murah
• Desain mirip iPhone
• Kamera 8MP dengan perekam video HD
• Kinerja Lumayan


Kekurangan

• Layar tidak istimewa
• Memori internal kecil
• OS masih ICS


Kesimpulan

Sebagai smartphone Android dengan banderol harga di bawah angka 2 jutaan rupiah, ponsel ini sebenarnya bisa dikatakan murah mengingat beberapa kompetitor terutama besutan vendor global dengan spesifikasi setingkat masih berbanderol diatasnya.

Lagi pula, bagian terpenting dari ponsel ini yaitu rangkaian perangkat keras yang digunakan seperti chipset, prosesor, dan GPU merupakan tipe yang sama seperti yang sering digunakan produk branded.