Selasa, 16 Juli 2013

Unggulkan Dual SIM, OS Android Ice Cream Sandwich - Lenovo A390 Review

Lenovo kembali menawarkan seri terbarunya yakni Lenovo A390. Masih mengusung kemampuan membaca SIM ganda dan didukung oleh fitur yang lengkap. Ditujukan untuk segmen menengah ke bawah, namun dengan seperangkat spesifikasi yang tidak bisa diremehkan. Dan kini PULSA menguji performanya untuk Anda!

DISAIN

Dimensi : 125.6 x 64 x 10.1 mm (4.94 x 2.52 x 0.40 in); Berat: 131 gram ; candy bar

Tidak berbeda jauh dengan model bodi  Lenovo sebelumnya, Lenovo A390 memiliki model full touchscreen candy bar.  Hampir seluruh casing bodi Lenovo A390 terbuat dari plastik solid. Pada bagian back casingnya, dilapisi bahan matte yang tidak menimbulkan kesan licin saat digenggam. Pada bagian sekeliling bodi ponsel, terdapat lis metal dengan lengkungan yang manis di sisi kiri dan kanan ponsel.

Pada bagian depan, Anda tidak akan menjumpai satupun tombol konvensional. Hanya terdapat 3 sensitive touch key menuju setting wizard, menu dan back.  Sementara itu, ponsel dengan kemampuan membaca dual SIM ini tidak banyak menambatkan tombol pembantu. Tombol daya/ pengunci berada di bagian atas ponsel, bersisian dengan port micrroUSB dan 3.5mm audio port. Di sisi kanan ponsel terdapat tombol volume dan celah untuk membuka casing. Sedangkan pada bagian belakang, terdapat lubang kamera, logo Lenovo dan lubang speaker.

LAYAR DAN INTERFACE

Tipe Layar: TFT capacitive touchscreen; 4  inchi (480 x 800 pixels); (~233 ppi pixel density);  multitouch; OS: Android v.4.0.4 Ice Cream Sandwich

Layar sentuh seluas 4 inchi  yang dimiliki oleh Lenovo A390  terasa cukup nyaman digunakan. Layarnya sangat respon dalam menerima sentuhan dan ketukan dari jari. Terlebih lagi, layarnya memiliki kerapatan layar   ~233 ppi pixel density, sehingga tampilan layarnya cukup cerah kala menyajikan beragam menu dan aplikasi di dalamnya. Saat dioperasonalisasikan di bawah sinar matahari, layarnya tetap dapat dengan bright menampilkan visual di layarnya. Saat diuji coba kemampuan multitouch untuk tap, scrolling, dan pitch and zooming layar, prosesnya lancar dan tidak lag.

Pada modus lockscreen, Anda cukup menggeser gembok ke bagian kanan untuk unlocked, sedangkan kamera cukup geser ke kiri.  Jika Anda ingin mengubah tampilan homepage-nya, Anda cukup sentuh sensitive touchkey menuju setting wizard, lalu pilih Preview, Preference  dan Wallpaper.

Masuk ke Homescreen, terdapat 5 akses menuju Home, call, kontak, messaging, dan web.  Masuk ke halaman Menu, Anda akan mendapati jajaran ikon menu 4x5 dengan sistem grid, untuk memilih beragam ikonnya Anda cukup menggeser halaman dengan swipe layar ke kanan dan kiri.

HARDWARE

CPU: MT6577; Dual Core ARMv7 processor 1GHz; GPU renderer: PowerVR SGX 531; Memori: (internal) 4GB, 512MB RAM; (eksternal) microSD up to 32GB.

Perihal kinerjanya, Lenovo A390 dibekali dengan processor dual core ARMv7 MT6577 dengan clock speed 1GHz.  Perihal jaminan kualitas grafisnya, ponsel yang berbasis sistem operasi Android v4.0.4 Ice Cream Sandwich ini  mengandalkan GPU PowerVR SGX531. Untuk mendukung kinerja ponsel agar maksimal, Lenovo A390  memiliki memori internal  4GB dan 512 RAM, dan dapat diekspansi ke memori eksternal 32GB.

INTERNET DAN KONEKSI

(3G) HSDPA 2100/HSUPA ; Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot ; Bluetooth; microUSB v2.0; Browser: HTML 5

Untuk mengakses internet disediakan pilihan bagi  Anda, yakni  melalui jalur internetan cepat  melalui pilihan akses data cepat pada jaringan 3G HSDPA/HSUPA. Tapi bagi Anda yang ingin internetan gratis, tetap tersedia pilihan Wi-Fi 802.11 b/g/n yang juga bisa difungsikan sebagai Wi-Fi hotspot. Tak ketinggalan ponsel ini sudah mendukung browser yang sudah menggunakan HTML 5. Sebagai alternatif web browser biasa, Lenovo A390 menyediakan UC Browser v8.4 yang cukup memudahkan Anda untuk membuka 8 situs favorit sekaligus.

Sementara itu, dari sektor transfer data antar perangkat, terdapat Bluetooth dan USB MicroUSB V2.0.  Proses pairing antar perangkat berjalan lancar dan transfer data berlangsung cepat.

DUAL SIM

(2G) GSM 900 / 1800 - SIM 1 & SIM 2; (3G) (3G) HSDPA 2100/HSUPA

Lenovo A390 memiliki kemampuan membaca dual SIM. Slot kedua SIM berada di balik casing, dan untuk memasangnya Anda harus mencopot batere terlebih dahulu. Slot SIM 1 berada bersisian dengan slot SIM 2. SIM 1 support jaringan WCDMA  (3G) dan SIM 2 difungsikan untuk jaringan 2G. Untuk melakukan panggilan telepon, terdapat ikon untuk opsi SIM 1 dan 2 ada pada deretan tombol numerik virtual.

Sedangkan untuk pemanfaatan mobile data, Anda dapat melakukan setting manual di Setting> SIM Management> Data Connection> Pilih SIM yang ingin Anda gunakan untuk internetan> ok.  Kemampuan dual SIM di Lenovo A390 adalah dual on, tidak dual stand by.

BENCHMARK


Antutu Benchmark v3.3.1, Quadrand Standard, NenaMark2

Untuk menguji kinerja Lenovo A390, PULSA menggunakan beberapa aplikasi dari Play Store. Dengan menggunakan Antutu Benchmark, ponsel ini berhasil meraih angka 6658 menempatkannya di atas Samsung Galaxy S dan Amazon Kindle Fire.

Sedangkan dengan menggunakan Quadrand Standard,  berhasil meraih angka 2772, menempatkannya di atas Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Samsung Galaxy Nexus. Sementara itu  di sisi grafisnya, Lenovo A390 berhasil meraih skor kecepatan menampilkan gambar 27.4fps.

KAMERA DAN VIDEO


Kamera: 5 MP (2592 x 1944 pixels) ; Geotagging ; Video; Video Player: MP4/WMV/H.264/H.263 player

Di sektor fotografi, ponsel ini membawa kamera utama yang memiliki kekuatan kamera lebih besar (5MP) dari pada pendahulunya, yakni Lenovo A690 yang hanya membekali ponselnya dengan kamera sebesar 3MP (2048x1536 piksel).

Sayangnya, ponsel ini tidak dilengkapi dengan kamera sekunder dan ketidakhadiran  LED Flash untuk menajamkan hasil tangkapan gambar. Beragam settingan kamera juga disertakan di dalamnya, antara lain color effect, scene mode, white balance, EV, hue,  ISO, burst, dan normal.  Variasikan modus penjepretan Anda denga moda panorama yang mirip di ponsel Xperia. Bentuk foto memanjang, seperti menyatukan beberapa foto menjadi kesatuan yang utuh.

Kualitas foto indoornya masih berbintik-bintik dan berkabut. Detail objek belum tertangkap dengan baik. Begitu pula saat digunakan untuk melakukan pemotretan luar ruang, kamera belum mampu menyaring kelebihan sinar yang masuk ke lubang lensa, sehingga di beberapa hasil foto masih  terlihat pecah saat objek terpantul sinar matahari.

SEKTOR AUDIO

Pemutar audio: MP3/WAV/WMA/eAAC+ ; FM Radio

Di sektor multimedia, Lenovo A390 tidak tidak luput menambatkan pemutar musik di seri anyarnya ini dengan kemampuan  memutar file berformat MP3/WAV/WMA/eAAC+. Audio playernya menampilkan album art, lengkap dengan panel audio yang menyertainya seperti nama artis, judul, album, replay, dan shuffle. Guna memaksimalkan output audio, terdapat settingan audio antara lain sound effect, bass boost, virtualizer, equalizer, dan preset reverb.  Saat volume musiknya diposisikan paling tinggi, kualitas semburan audionya sangat kuat dan tetap bulat.

Sebagai alternatif hiburan audio, Lenovo A390  dibekali dengan FM Radio yang memiliki fitur perekam. Gunakan auto scanning, untuk mendapatkan tangkapan channel terbaik, untuk kemudian disimpan di channel list hingga 49 channel.

KELEBIHAN
• Dual on GSM
• Support WiFi + WiFi  hotspot
• Harga terjangkau
• Support jaringan 3G

KEKURANGAN
• Kualitas kamera kurang maksimal, belum dilengkapi autofikus + LED Flash
• Kapasitas ram yang hanya 512MB
• Tidak ada kamera depan
• Kapasitas baterai yang tergolong kecil, untuk menopang kinerja aplikasi yang banyak

KESIMPULAN
Ditujukan untuk pengguna baru, Lenovo A390 cukup bisa diandalkan sebagai smartphone pilihan. Karena selain murah, ponsel ini memiliki fitur dan spesifikasi layar yang mumpuni. Sayangnya Lenovo hanya memasukan OS ICS pada seri A390, padahal saat ini sudah banyak smartphone yang sudah menjalankan OS Jellybean.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Unggulkan Dual SIM, OS Android Ice Cream Sandwich - Lenovo A390 Review