iPad Rasa Android - IMO Z9 Review

Sukses dengan tablet 9 inci sebelumnya dengan X9, IMO kembali menghadirkan tablet dengan luas layar sang serupa bertajuk Z9. Berbekal desain yang mirip dengan iPad Z9 siap rebut pasar melalui sistem operasi Android Jelly Bean plus fungsi telepon dan sms. Bagaimana performanya?

Desain

Dimensi: (WxDxH) : 242 x 189 x 10 mm

Hadir dengan dua pilihan warna hitam dan putih, Z9 datang dengan bodi plastik yang mengusung kombinasi warna hitam serta chrome silver. Dengan dimensi 242 x 189 x 10 mm, bodi Z9 terbuat dari material plastik. Dengan lapisan cat chrome dibagian belakang, IMO berhasil menampilkan kesan elegan pada Z9.

Beralih pada keempat sisi bodinya, Anda dapat menemukan tombol power yang berdampingan dengan tombol volume pada sisi kanan. Sementara, pada sisi atas tersemat port audio/headset, microUSB, slot kartu SIM serta slot kartu microSD.

Hardware

Prosesor: MTK 8377, 1.2GHz Dual Core ARMv7 Processor; GPU: PowerVR SGX 531; RAM: 1024MB; Storage: 8GB (5.74GB User Available); Antutu Benchmark:5209; Quadrant Standard:2953

IMO Z9 dibekali dengan prosesor dual core 1,2GHz MTK yang ditunjang pula dengan RAM sebesar 1GB. Untuk kinerja rata-rata sudah cukup baik berkat penggunaan sistem operasi Android teranyar Jelly Bean. Sementara untuk ruang penyimpanan, Z9 telah dibekali oleh IMO dengan memori internal 8GB yang dapat dipakai hingga 5,74GB oleh pengguna. Jika memori yang dimiliki dianggap kurang, Anda dapat menyisipkan kartu microSD berkapasitas maksimal 32GB.

Untuk mengukur kinerjanya, PULSA menggunakan Antutu Benchmark dan Quadrant Standard. Saat dites menggunakan Antutu diperoleh skor 5209 yang menempatkannya diatas Samsung Galaxy S. Sedangkan hasil tes Quadrant menunjukkan angka 2953 yang membuatnya unggul dari Samsung Galaxy Tab 10.1.

OS dan Interface

Android OS, v4.1.2 (Jelly Bean); 9,7 inci WVGA (800x1024piksel) multitouch screen.

Z9 mengusung layar kapasitif berdiagonal 9,7 inchi dengan resolusi 800 x 1024 piksel yang sanggup menerima input sentuhan hingga 10 jari. Meski punya kepadatan piksel yang lebih rapat, namun layar Z9 kurang bagus saat digunakan dibawah terik sinar matahari.

Sementara untuk interface, IMO masih menggunakan antarmuka bawaan Android Jelly Bean yang terdiri dari 5 halaman homescreen yang seperti biasa dapat Anda isi dengan ragam widget, shortcut serta folder.

Memasuki halaman menu, Anda akan disambut dengan tampilan grid horisontal yang mengelompokkan ikon-ikon dalam kategori apps dan widget.

Kamera dan Video Recorder

Kamera Belakang: 5MP; Depan: 1,9MP; Video: 720p

Dengan banderol 1,9 juta, Z9 dibekali dengan kamera belakang berkekuatan 5 megapiksel. Sedangkan bagian depan, IMO menyematkan kamera berkekuatan 1,9 meg

Hasil jepret kamera Z9 diluar ruangan memperlihatkan gambar yang terang meski masih kurang tajam. Sedangkan ketika dipakai untuk mengambil gambar didalam ruangan, memperlihatkan banyak sekali noise.

Beralih ke perekam video, Z9 dapat menghasilkan video berformat 3gp dengan resolusi HD 720p.

Internet dan Konektivitas

WiFi 802.11 b/g/n; Browser: HTML; Bluetooth v2.1 with A2DP; MicroUSB v2.0, USB OTG

Dengan bekal platform Android Jelly Bean, browser Z9 dapat Anda pakai untuk membuka 16 halaman sekaligus. Dengan slot kartu yang disediakan, Z9 sudah mendukung koneksi data 3G. Fitur standar seperti portable hotspot juga disematkan oleh IMO.

Beralih ke konektivitas, IMO telah membekali Z9 dengan port microUSB yang sudah mendukung pula USB On The Go. Dalam paket penjualannya, sudah terdapat kabel data serta kabel USB OTG yang dapat Anda pakai untuk membaca flasdisk.

Telepon dan SMS

GSM 850/900/1800/1900 MHz

Salah satu kelebihan dari Z9 adalah disertakannya kemampuan melakukan panggilan telepon serta mengirim sms. Akan tetapi Anda tak dapat melakukan video chatting dengan Z9 meskipun IMO sudah menyematkan kamera dibagian depannya.

Sementara itu untuk mengirim sms, menu pesan yang disematkannnya memungkinkan Anda untuk melihat pesan dalam mode chatting.

Kelebihan
• USB On The Go
• Prosesor Dual Core 1,2GHz
• Telepon dan sms
• Koneksi 3G

Kekurangan
• Kualitas kamera tidak maksimal
• Layar kurang bagus
• Tidak bisa video call

Kesimpulan:
Dibanderol dengan harga yang terbilang murah, Z9 sudah mampu mengakomodasi pengguna yang tidak mampu membeli iPad yang harganya selangit. Dilengkapi juga dengan fitur panggilan telepon dan sms membuatnya lebih menarik perhatian pengguna apalagi dengan suntikan platform Android Jelly Bean membuat  Z9 lebih familiar oleh pengguna tabletAndroid.