Review Samsung Galaxy Mega 5.8 GT-19150 : OS Mutakhir Kamera Ajib Kinerja Mantab


Setelah populerkan seri Note untuk kategori phablet, kembali usung seri phablet baru yakni Samsung Galaxy Mega yang mengusung layar berdiagonal  5,8 dan 6,3 inci. Seperti yang saat saya pegang, yaitu Galaxy Mega 5.8. Apa saja fiturnya dan bagaimana kemampuannya ? Yuk, kita review bareng-bareng 

Desain

Dimensi: 162.6 x 82.4 x 9 mm; Bobot: 182 g
Samsung Galaxy Mega 5.8 datang dengan kemasan kardus ramah lingkungan yang keseluruhan materialnya dapat didaur ulang. Tinta yang dipakai pada kemasan juga berasal dari biji kedelai yang juga ramah terhadap lingkungan.


Dalam paket penjualannya terdapat kabel data bersama adapter USB serta aksesori earphone yang berwarna putih polos. Kebetulan sekali Galaxy Mega yang kami uji juga datang dengan warna senada.


Sementara dari segi desain, sebetulnya tidak berbeda jauh dengan ponsel seri Galaxy lain yang terinspirasi desain SGSIII. Namun jika diamati dengan seksama, Mega 5.8 ini punya bezel yang lebih tipis serta sudut yang menyesuaikan dengan bodinya yang lebih lebar serta bongsor.

Dari tataletak tombol serta port di sekeliling bodinya juga tak berubah dengan tombol power di ruas kanan serta volume disisi kiri. Untuk mengisi ulang daya baterai terdapat port micro USB disisi bawah. Sedangkan port audio seperti biasa bertengger dibagian atas.


Hardware


Dual-core 1.4GHz Broadcom SoC; VideoCore IV GPU; 1.5GB RAM, 8GB (5,34GB)built-in storage, MicroSD up to 64GB
Untuk menyokong kinerjanya, Samsung menggunakan CPU chipset Broadcom Dual Core berkecepatan 1,4GHz. Untuk menunjang performa grafis dan gaming, Mega 5.8 menggunakan GPU VideoCore IV.


Agar kinerja makin mulus dan lancar, Samsung membekali Mega 5.8 dengan RAM sebesar 1,5GB. Untuk bekal penyimpanan, Samsung menyediakan memori internal sebesar 8GB yang dibekali pula dengan slot microSD dengan kapasitas maksimal 64GB.
Sementara untuk memastikan dayatahannya, ada baterai Li-Ion berkapasitas 2600mAh. Dari sisi kinerja saat diuji dengan Quadrant Standard sanggup menorehkan angka 3992 yang cuma terpaut sedikit dibawah Transformer Prime. Sementara dengan Antutu meraih skor 9455 yang menempatkannya dibawah Samsung Galaxy SIII.


Untuk performa grafis, Mega 5.8 berhasil mencatatkan kinerja paling tinggi mengalahkan Samsung Galaxy SII dengan kecepatan pemrosesan grafis mencapai 58,7fps. Dengan hasil setinggi itu, Mega 5.8 pastinya sangat pas untuk Anda penggemar game berkelas HD.



Layar

5.8” TFT capacitive touchscreen qHD (540 x 960 pixels) resolution (190 ppi); 16M colors.
Menggunakan layar TFT berjenis kapasitif, Mega 5.8 sangat disayangkan belum mengusung resolusi HD. Resolusi qHD diatas layar berdiagonal 5.8 inci membuat kerapatan pikselnya turun jadi 190ppi. Sementara untuk respon sentuh jarinya hanya sebatas 5 jari.



Sedangkan ketika digunakan dibawah terik sinar matahari, layar terlihat reflektif terhadap cahaya sehingga mengurangi tingkat keterbacaan menu. 



Interface dan OS 

Android 4.2.2 Jelly Bean TouchWiz UI
Sama seperti ponsel Samsung lainnya, Mega 5.8 sudah mengusung sistem operasi Androi teranyar Jelly Bean 4.2.2 yang dipadu pula dengan antarmuka khas TouchWiz.



Untuk membuka layar dari posisi terkunci, Samsung mengganti mode efek percikan air ala S3 dengan efek menyerupai terik sinar matahari.

Dalam posisi layar terkunci, Anda dapat menambahkan ikon shortcut yang pengaturannya dapat Anda temui pada settings-> my device -> lock screen. Memasuki homescreen terdapat 5 buah layar yang masing-masing berisi segudang widget serta shortcut menuju beragam aplikasi yang telah disematkan oleh Samsung untuk Mega 5.8 ini.



Masuk ke menu, Anda akan disambut dengan deretan ikon menu serta widget yang diatur dalam format grid horisontal. Tampilan halaman menu cantik dengan latar transparan berwarna cerah.

Dalam Galaxy mega terdapat beberapa fitur khas Samsung yang dapat Anda aktifkan menggunakan tombol fisik yang disediakan. Untuk mengaktifkan S-Voice, cukup ketuk tombol home sebanyak dua kali. Sedangkan untuk meluncurkan Google Now, silakan tekan dan tahan tombol menu. Sama seperti Galaxy Note, Anda dapat mengaktifkan fitur multiwindow cukup dengan menekan tahan tombol back.



Kamera dan Video

8 MP camera (3264 x 2448 pixels) autofokus dan LED flash; 1.9MP Kamera depan dan kamera sebesar 1,9MP pada bagian depan. 
Untuk mendukung pengambilan gambar dalam kondisi kurang cahaya, Samsung telah menyematkan pula lampu flash yang diletakkan tepat disebelah kanan lubang kamera.

Interface kamera pada Mega 5.8 terlihat mirip dengan interface kamera pada Samsung Galaxy Camera. Dengan terintegrasinya jendela bidik foto dan video, maka Anda dapat dengan mudah berpindah mode rekam dan potret.



Sederet setting seperti white balance, ISO, face detection hingga efek juga disematkan oleh Samsung. Uniknya,Anda juga dapat mengatur tombol pengatur volume Anda sebagai tombol shutter, tombol zoom atau tombol rekam. Untuk hasil gambarnya sendiri baik didalam dan luar ruangan cukup memuaskan.

Sedangkan untuk perekaman video, kamera Mega 5.8 sanggup menghasilkan gambar dengan resolusi FullHD1080p berkecepatan 30 framerate per second. Sayang sekali saat digunakan untuk merekam video yang seharusnya dalam rasio 16:9, Anda terpaksa harus membidik objek dalam viewfinder bermode rasio 4:3.



Multimedia

Audioplayer, video player, audio recorder
Di sektor hiburan, Mega 5.8 sudah dibekali dengan pemutar musik yang dilengkapi dengan segudang fitur termasuk efek suara, equalizer, pengaturan menu dan sebagainya. Fitur Palm Motion juga memungkinkan pemutar musiknya untuk berhenti saat ponsel dibalik.



Sementara untuk pemutar videonya, Samsung menerapkan interface baru yang lebih segar. Pada bagian atas, Anda dapat melihat video yang terakhir Anda putar dalam menu recently played. Anda juga dapat menggunakan fitur pop up video play layaknya ponsel flagship Android Samsung. Selain mampu membaca subtitle berformat srt, pemutar video Mega 5.8 juga dilengkapi fitur video cutter yang disebut trim.



Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900, HSDPA 900 / 1700 / 2100, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP, MicroUSB, DLNA, NFC
Menjelajah web dengan Mega 5.8 terasa lancar karena sudah dibekali dengan koneksi 3GHSDPA berkecepatan 21Mbps dan HSUPA berkecepatan 5,76Mbps. Sayangnya meski sudah mengusung kemampuan dual SIM, Mega 5.8 ternyata menggunakan slot micro SIM yang tidak populer.



Untuk menjelajah internet Anda juga bisa menggunakan sambungan Wi-Fi yang mendukung dual band. Layar lebar milik Mega 5.8 sangat memuaskan kala dipakai untuk menjelajah dunia maya dengan memakai browser Chrome atau bawaan Android.
Beralih ke konektivitas, Mega 5.8 dilengkapi dengan Bluetoothv4.0, DLNA, dan kabel data. Sayangnya tidak ada chip NFC untuk media bertukar data menggunakan Android Beam. 



Fitur Unggulan

Group Play, Samsung Link, S Translator, TripAdvisor App, 
Samsung membekali Mega dengan beberapa aplikasi yang sebelumnya juga sudah terdapat pada seri Galaxy lainnya. Salah satu fitur menarik yang patut dicoba adalah Group Play yang memungkinkan Anda berbagi gambar dan dokumen termasuk memberi highlight pada gambar yang dibagikan. Anda juga dapat bermain game multiplayer menggunakan Group Play.



Berikutnya adalah Samsung Link yang memungkinkan Anda melakukan remote access dari ponsel ke PC memanfaatkan akun Dropbox, SkyDrive dan SugarSync.

Sedangkan untuk menemani perjalanan Anda, Samsung juga menyediakan S Translator yang merupakan sebuah aplikasi penerjemah bahasa menggunakan media tulis dan suara. Selain ditemani dengan aplikasi penerjemah,  terdapat pula aplikasi TripAdvisor yang memberikan Anda rekomendasi tempat rekreasi, restoran, hotel hingga info jadwal penerbangan.



Kelebihan
• Android 4.2.2 Jelly Bean
• Layar 5.8 Inci
• Kamera 8MP
• Aplikasi Premium Samsung

Kekurangan
• Slot kartu micro SIM
• Resolusi Layar kecil
• Tidak ada NFC

Kesimpulan
Puas bermain dengan ponsel Android untuk berbagai segmen, Samsung kini beralih ke phablet yang masih sepi pesaing. Dengan menghadirkan Mega 5.8 sebagai standar ukuran baru untuk phablet, Samsung tentu berharap dapat makin memperbesar pangsa pasarnya.