Review Samsung Galaxy Tab 3 8.0 SM-T310, Layar 8 Inchi Kamera 5 MP

Sesudah bermain dengan seri note, Samsung saat ini kembali ke seri tab dengan meluncurkan generasi ketiganya. Tidak sama dengan generasi pertama serta ke-2, pada generasi ketiga ini Samsung menghadirkan varian 8 inci sebagai varian tambahan. sebaliknya, Samsung menyingkirkan varian 7. 7 serta 8. 9 yang pada mulanya ada pada generasi pada mulanya. Supaya tab 3 tidak jadi batu sandungan untuk seri tablet note, Samsung sengaja menghadirkan spesifikasi yang tidak semewah Galaxy Note. Dengan status sebagai tablet menengah, apakah tab 3 mempunyai cukup potensi untuk merebut hati konsumen? 

Desain



Dimensi: (WxDxH) : 209.8 x 123.8 x 7.4 mm dan Bobot: 314 gram

Datang dengan desain khas seri Galaxy, Tab 3 8.0 punya dimensi yang lebih ramping jika dibandingkan dengan Galaxy Note 8.0. Hal yang wajar karena Tab 3 8.0 memang tidak dibekali S-Pen.

Sama seperti Note 8.0, lagi-lagi Samsung mengulang kesalahan yang sama dengan meletakkan 2 buah lubang speaker di bagian bawah. Peletakan speaker pada bagian tersebut tentu akan membuat keluaran suara terasa kurang “nendang”.

Logo Samsung diletakkan pada sisi atas layar yang menandakan bahwa posisi default tablet ini adalah portrait. Bagian belakang masih dengan material plastik glossy yang mudah meninggalkan bercak jari. Tombol power di bagian kanan diletakkan berdampingan dengan tombol pengatur volume dan port inframerah. Pada ruas kiri terdapat slot kartu micro SIM dan MicroSD. Sedangkan pada bagian bawah, Samsung berbaik hati membekalkan port micro USB sebagai ganti port khusus Samsung yang sebelumnya sering dipakai pada tablet besutan Samsung sebelumnya.


Hardware

1.5GHz Dual Core Processor, Mali-400MP GPU, Exynos 4212 chipset, 1.5GB of RAM, 16GB Storage

Agar tidak menjadi penjegal seri Note 8.0 yang dikeluarkan sebelumnya, Samsung memilih menurunkan spesifikasi hardware milik Tab 3 8.0 dengan prosesor dual core berkecepatan 1,5GHz. Menggunakan RAM 1.5GB, kapasitas simpan internal dari Tab 3 8.0 sama seperti tablet Samsung lainnya yang berada di kisaran 16GB. Dengan sisa memori sekitar 11GB, Anda dapat menyisipkan kartu microSD berkapasitas 64GB ke slot yang sudah tersedia. Untuk memasok daya, Samsung menyematkan baterai berkapasitas 4450 mAh. Untuk ukuran tablet, kapasitas baterai sebesar itu masih terbilang kecil.

Dengan prosesor dual core yang diusung, tidaklah mengherankan bila performa yang disuguhkan tak segahar Tablet Galaxy Note. Hasil pengukuran dengan Antutu Benchmark yang mengumpulkan skor 9882 hanya menempatkan Tab 3 8.0 pada posisi diatas Galaxy SII. Sementara pengujian dengan Quadrant meraih skor 4614 yang memposisikan Tablet ini pada peringkat dibawah HTC X One. Beralih ke performa grafis, dengan GPU Mali-400MP serta layar 8 inci beresolusi WXGA Tab 3 8.0 berhasil meraih skor tertinggi. Berada pada kecepatan proses grafis 58.8fps, memainkan game bergrafis rumit tentu tidak akan jadi masalah.

Layar dan OS

8” PLS TFT capacitive touchscreen 1280 x 800 piksel ~189 ppi 16 Juta Warna; Android 4.2.2 Jelly Bean, Touchwiz UX: Multiwindows. 

Berbekal Android Jelly Bean, Tab 3.0 8.0 mengusung antarmuka yang sama dengan ponsel Flagship Android Galaxy S4. Tentu saja ada berapa penyesuaian yang dilakukan Samsung agar antarmuka yang dipakai dapat berjalan mulus pada Tablet.

Untuk menyajikan pengalaman terbaik dalam menggunakan tablet, Samsung menyediakan 3 mode pilihan layar masing-masing Dynamic, Standard dan Movie yang menyajikan komposisi warna dan tampilan yang disesuaikan dengan penggunaan. Anda juga dapat menggunakan adapt display jika tidak yakin mengenai mode apa yang seharusnya dipakai pada situasi tertentu.

Jika Anda ingin menggunakan Tab 3 8.0 untuk membaca, kami menyarankan Anda untuk mengaktifkan increase text legibility agar teks yang ditampilkan dapat lebih jelas terbaca. Lucunya meski Tab 3 8.0 adalah sebuah tablet Android, Anda tetap dapat menggunakan face unlock untuk membuka lokscreen.

Kamera dan Video

Kamera belakang: 5 MP, 2592х1920 piksel, autofocus; Kamera depan: 1,3 MP

Untuk pengabadian gambar, Samsung menyematkan Tab 3 8.0 dengan kamera 5 megapiksel autofokus tanpa lampu flash. Segudang setting tambahan diantaranya self portrait, shooting mode, scene mode, exposure value, timer, effect dan sebagainya telah disematkan pula oleh Samsung.



Dengan banderol harga diatas 4 juta, hasil kamera Tab 3.0 8.0 seharusnya bisa lebih bagus. Absennya lampu flash tentu saja berdampak pada turunnya kualitas gambar saat pemotretaan didalam ruangan atau pada malam hari. Meski begitu, hal demikian bukanlah masalah mengingat fungsi tablet yang lebih banyak digunakan untuk bermain game atau membaca.

Sementara untuk perekaman obyek bergerak, Anda dapat merekam video berkualitas HD 720p (1280 x 720 piksel) dengan ragam setting seperti self recording, recording mode, exposure value, timer, effects, resolution dan sebagainya.


Multimedia

Audio: AAC, FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV, WMA; Video: AVI, DIVX, FLV, M4V, MKV, MP4, WMV, TS; Pop Up Play, Live Thumbnail Video List.

Pemutar musik Tab 3 8.0 mengkategorikan lagu yang disimpan berdasarkan Albums, Songs, Playlists, Artists, Genres, Folders, Composers, Years, Music Square dan Nearby devices. Untuk Music Square, Samsung akan mengkategorikan lagu berdasarkan mood yang diusungnya sehingga memungkinkan Anda untuk setiap saat mendengarkan lagu sesuai suasana hati Anda.

Untuk menyajikan suara yang pas dengan selera, Anda dapat memilih preset yang tersedia atau membuat pengaturan equalizer sendiri. Pengaturan tersebut nantinya dapat Anda nikmati baik saat dipakai untuk mendengarkan musik maupun melakukan panggilan.

Sementara untuk pemutar video, mengusung fitur yang sama dengan Galaxy SIII. Fitur Pop Up Video Play juga dapat Anda nikmati disini. Disisi lain, Samsung juga membekali Tab 3 8.0 dengan ragam fitur serta setting seperti chapter preview, tag buddy, video auto off, color tone dan sebagainya. 


Telepon dan SMS

GSM/GPRS/EDGE/UMTS/HSDPA 850/900/1800/1900/2100

Tab 3 8.0 dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon dan mengirim sms. Anda juga dapat melakukan panggilan video via 3G dengan memanfaatkan kamera depan. Sayangnya, Tab 3 8.0 menggunakan kartu micro SIM sehingga Anda harus memotong kartu SIM lama Anda terlebih dulu jika ingin menggunakannya untuk bertelepon.


Daftar kontak yang disematkan terdiri dari 2 panel yaitu panel kanan yang menampilkan nama kontak serta panel kiri yang memuat detail kontak seperti nomor telepon, HP, email, alamat dan sebagainya.

Sementara untuk mengirim sms, terdapat dua panel di samping kiri yang menampilkan kontak sms serta detail isi pesan pada samping kanan yang tampil dalam mode chatting.


Internet dan Konektivitas

GSM/GPRS/EDGE/UMTS/HSDPA 850/900/1800/1900/2100 HSDPA 21 Mbps. Wi-Fi 802.11 b/g, Wi-Fi hotspot, Bluetooth A2DP

Menjelajah web dengan Tab 3 8.0 dapat Anda lakukan melalui koneksi 3.5G dan Wi-Fi. Dalam Tab 3 8.0 sudah terdapat dua browser masing-masing browser Android dan Chrome. Browser Android dapat Anda gunakan untuk membuka 16 tab sekaligus.

Beralih ke konektivitas, Anda dapat menggunakan Bluetooth dan DLNA untuk berbagi konten secara nirkabel. Dengan fitur Group Play, Anda juga dapat saling berbagi konten dengan teman Anda melalui Wi-Fi.

Aplikasi Samsung

S-Polaris Office 4.0, S-Note, S-Planner, S-Voice, Smart Stay, Multiwindow, Samsung Apps, Smart Remote, ChatOn, Smart Remote, Learning Hub, Readers Hub, All Share, paper Artist

Masih seperti tablet besutan Samsung lainnya, Tab 3 8.0 juga dibekali dengan fitur serta aplikasi yang berlimpah. Untuk mendukung produktivitas Anda, Polaris Office 4.0 hadir sebagai aplikasi preinstalled yang sanggup membuka file berformat pdf, word, powerpoint serta excel. Anda juga bisa memanfaatkan Polaris Office untuk melakukan editin dokumen.

Beberapa aplikasi yang telah lebih dulu ada pada Galaxy Note juga turut dibawa oleh Samsung ke Tab 3 ini. Sebut saja S-Planner, S-Voice, Smart Stay, Paper Artist dan lain-lain.

Seperti sudah diungkapkan diatas, Tab 3 8.0 ini juga sudah dilengkapi dengan port inframerah yang bersama dengan aplikasi Smart Remote dapat difungsikan sebagai remote control perangkat elektronik dari berbagai merek dan jenis.

Kelebihan
• Aplikasi sama seperti Galaxy Note 8.0
• RAM 1.5GB
• OS Jelly Bean 4.2.2

Kekurangan
• Prosesor Dual Core
• Layar Biasa
• Kamera Kurang bagus
• Tanpa Video Editor

Kesimpulan

Meski sudah mengeluarkan banyak produk tablet, nyatanya hingga sekarang Samsung belum juga meluncurkan tablet dengan layar beresolusi FullHD. Rata-rata tablet yang dikeluarkan Samsung memiliki layar resolusi WXGA dengan kualitas seragam. Hingga saat ini hanya tercatat Samsung Galaxy Tab 7.7 yang telah mengusung layar Super Amoled Plus andalan Samsung. 

Sementara tablet-tablet baru yang diluncurkan baik dengan nama Note atau Tab ternyata hanya mengusung desain serupa dengan perbedaan hanya terletak di chipset prosesor dan GPU yang diusung. Kesimpulannya, dengan budget 4 jutaan Anda dapat menggunakan Tab 3 ini untuk melakukan panggilan telepon serta berkirim sms.