Review: Samsung Galaxy Young S6310 - Fitur Gahar Harga Mendasar

Menjadi suksesor pendahulunya, Galaxy Young S6310 disiapkan oleh Samsung dengan beragam fitur baru dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Smartphone yang ditujukan bagi pengguna pemula smartphone siap rebut hari pengguna pemula. Apa saja fitur dan spesifikasi baru yang dimasukan didalamnya?

DISAIN

Dimensi : 109.4 x 58.6 x 12.5 mm (4.31 x 2.31 x 0.49 in); Berat: 112 gram ; candy bar
Jika sebelumnya Samsung pernah meluncurkan seri Galaxy Young S5360, yang memiliki disain lebih “kotak”, Samsung Galaxy Young S6310 tampil dengan disain lebih oval dan sleek. Sekilas, terkesan lebih mungil jika dibandingkan dengan pendahulunya tersebut. Samsung Galaxy Young S6310 memiliki lekukan yang apik dan aksen logam di kedua sisi bodi dan di bagian bawah ponsel. Merupakan kehadiran yang bergaya, mengingat hampir sebagian besar casing yang digunakan adalah plastik solid. Bagian back casingnya menggunakan plastik glossy, yang diberi lapisan anti gores.



Pada bagian depan, Anda akan menemukan earpiece, layar sentuh. Di bagian bawah layar terdapat tombol Home yang diapit dengan sensitive touch key menuju back dan setting wizard.

Beberapa tombol fungsi tak lupa disertakan oleh Samsung di seri terbarunya ini. Tombol volume terdapat di sisi kiri bodi (posisi vertikal), tombol daya/ penguncian di sisi kanannya. Sedangkan pada bagian atas, Anda akan menjumpai celah kecil untuk membuka penutup casing, dan port 3.5mm audio. Pada bagian bawah ponsel terdapat port microUSB untuk menghubungkannya ke perangkat lain.

Secara garis besar, disain Samsung Galaxy Young S6310 cukup nyaman dan simple dalam genggaman. Bodinya yang mungil, cukup memudahkan saat Anda melakukan pengoperasian dengan 1 tangan saja.


LAYAR DAN INTERFACE

Layar: TFT capacitive touchscreen, 256K colors; Ukuran layar: 320 x 480 pixels, 3.27 inches (~176 ppi pixel density); Multitouch, capacitive touch screen, OS Android v4.1.2 (Jelly Bean)
Untuk menampilkan beragam visual, ponsel ini ditopang oleh layar 3.27inchi. Ukuran ini sebenarnya masih mungkin saja dimaksimalkan lagi, mengingat  ponsel ini menyisakan banyak ruang di bagian atas, bawah, dan sisi kiri-kanan layar. Namun entah alasan biaya, estetis, atau pertimbangan kenyamanan pengguna, Samsung lebih memilih mempersempit ukuran layar.

Meski demikian, kualitas layarnya yang capacitive menjadikan Anda tetap nyaman selama mengoperasikan beragam aplikasi di ponsel ini. Ditambah lagi dengan kemampuan multitouch yang memudahkan Anda untuk zooming dan membuka beragam  aplikasi di dalamnya.



Selayaknya ponsel Samsung Galaxy pada umumnya, Samsung Galaxy Young S6310 memiliki tampilan user interface ala Touchwiz UI dan khas ala Android Jelly Bean yang menyajikan 8 shortcut pada homescreen, panel pencarian Google dan tanggal/jam.  Terdapat 8 slide sheet yang bisa Anda personalisasikan dengan beragam akses cepat. Pada halaman menu, terdapat jajaran ikon menu 4x4 yang tersusun secara grid.  Perpindahan halaman dengan swipe laya kiri/kanan.


HARDWARE

CPU: 1 GHz Cortex-A5;Single Core;  CPU hardware: QCT MSM7625a FFA; CPU model: ARMv7 Processor (VFPv4, NEON),GPU: Adreno 200; Memori: (internal) 4 GB, 768 MB RAM; (eksternal) microSD up to 64GB



Meski ditujukan untuk pengguna pemula, bukan berarti ponsel ini mengabaikan sisi kinerjanya. Terbukti dengan seperangkat spesifikasi yang dimilikinya. Ponsel yang berplatform Android versi 4.1.2 Jelly Bean ini dibekali oleh processor single core ARMv7 / Cortex A5 dengan clock speed 1GHz.  Untuk mendukung kinerjanya, ponsel ini membekali diri dengan memori internal 4GB, dan 768MB RAM dan dapat ekspansi ke memori eksternal hingga 64GB.  Di sisi kinerja grafis, Samsung Galaxy Young S6310 mengandalkan GPU Adreno 200.

KAMERA DAN VIDEO

Kamera: 3.15 MP, 2048x1536 pixels ; Video: VGA@24fps ; Video player: MP4/WMV/H.264/H.263 player
Bagi Anda yang hobi mengabadikan momen, Samsung Galaxy Young S6310 menyertakan fungsi kamera dengan besaran resolusi 3.15 MP (2048x1536 pixels). Terdapat beragam settingan kamera di dalamnya, seperti effect, scene mode, brightness, white balance, guideliness, image  editor, dan tag location. Sayangnya, ponsel ini luput menyertakan LED Flash dan auto focus.

Sehingga jika Anda ingin membidik gambar, harus dipastikan benar-benar tidak bergerak, agar gambarnya tidak blur.

SEKTOR AUDIO

Stereo FM radio with RDS, FM recording ; Audio player: MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Di sisi hiburan, Samsung Galaxy Young  S6310 menyediakan pemutar  musik untuk memutar file musik berformat MP3/WAV/eAAC+/FLAC. Pemutar musiknya menampilkan album art dan seperangkat panel audio. Anda dapat mempersonalisasikan beragam setting audio dengan SoundAlive (normal,pop,rock,dance, jazz, classic hingga concert hall), play speed, dan settingan waktu (timer) untuk mendengarkan musik.


INTERNET DAN KONEKSI

GPRS/EDGE; (3G) Network HSDPA 900 / 2100; HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; Koneksi : Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct; Bluetooth v3.0 with A2DP; microUSB v2.0
Untuk jelajah internet, Anda diberikan pilihan browsing menggunakan jalur mobile data dengan akses cepat 3G dengan kecepatan HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps. Sedangkan untuk browsing di lokasi hotspot, Anda dapat memberdayakan koneksi WiFi 802.11 b/g/n. Browsernya mampu memuat hingga 8 tabs sekaligus. Tidak ditemukan kendala selama membuka beragam situs, dan aktivitas multitasking.

Sebagai sarana transfer antar perangkat, Samsung Galaxy Young S6310 dilengkapi dengan perangkat koneksi  Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Wi-Fi Direct,  Bluetooth v3.0 with A2DP dan microUSB v2.0.

BENCHMARK

Antutu Benchmarkv3.3.2 ; Quadrand Standard; NenaMark2
Untuk menguji kinerja Samsung Galaxy Young S6310, PULSA menggunakan beberapa aplikasi dari Play Store. Dengan menggunakan Antutu Benchmark, ponsel ini berhasil meraih angka 4499 menempatkannya di atas Samsung Galaxy S.

Sedangkan dengan menggunakan Quadrand Standard,  berhasil meraih angka 2240, menempatkannya di atas Samsung Nexus S dan HTC Desire HD. Sementara itu  di sisi grafisnya,Samsung Galaxy  Young S6310  berhasil meraih skor kecepatan menampilkan gambar 16.3fps.

KELEBIHAN

• Disain sleek dan mungil
• Support WiFi + WiFi  hotspot
• Harga terjangkau
• Support jaringan 3G

KEKURANGAN
• Fixed focus camera
• Tidak ada LED Flash
• Tidak ada kamera sekunder

KESIMPULAN

Cukup mengejutkan,  saat kehadiran Samsung Galaxy  Young S6310  bahkan memiliki RAM lebih dari yang dimiliki  Galaxy Fame yang  baru saja terakhir dirilis. Jika Fame memiliki RAM 512MB, Young S6310 adalah 768MB.  Namun hal itu tidak membuat perbedaan yang berarti, terlebih rasanya Young  S6310 bisa dikemas dengan fitur-fitur yang lebih handal. Terutama di sisi kameranya yang hanya 3MP tanpa autofokus dan LED Flash. Untuk ponsel dengan harga Rp. 1 jutaan, ponsel ini cukup layak direkomendasikan untuk pengguna pemula.